11 Nov 2011

Bangsa Centaur


Bangsa Centaur di Cressentia merupakan bangsa penghuni Cressentia terbesar keempat menurut perhitungan para cendikia Zecodia. Yang pertama adalah manusia, lalu para orc dan evie/manusia kegelapan. Berdasarkan sejarah munculnya, Centaur -seperti yang diceritakan dalam Mitologi Empat Penanam Benih (Maseleon, Garpalcut, Firly dan Cassanova), merupakan perlambangkan Kesetiaan dan Penuh Tanggung Jawab. Bangsa Centaur adalah bangsa ketiga yang diciptakan Empat Penanam Benih di Cressentia. Penciptaannya didasarkan pada kemampuan akal manusia dengan kepatuhan dan kelembutan seekor kuda. Dengan kemampuannya, bangsa centaur memiliki kehidupan layaknya bangsa lain. Mereka berkeluarga, membentuk koloni dan memiliki ilmu pengetahuan yang lebih tinggi dibandingkan bangsa lain di Cressentia. Centaur pertama yang menjadi dasar perhitungan leluhur bangsa ini adalah Sagittarius dan Kemantoridas. Sagittarius adalah centaur jantan yang memiliki kebiasaan berburu, nomaden dan sangat ahli ilmu perbintangan. Sementara itu, Kemantoridas adalah centaur betina (disebut kentaurides) yang berbanding terbalik dengan sifat Sagittarius. Kemantoridas lebih suka menetap, bercocok tanam dan mempertahankan wilayah kehidupannya dari bangsa lain. Keduanya adalah leluhur yang diyakini mengawali semua kehidupan bangsa centaur di Cressentia.

Budaya Bangsa Centaur
Bangsa centaur memiliki kebudayaan yang tidak jauh berbeda dengan kebudayaan bangsa lainnya. Mereka menyukai musik ciptaan bangsa Nymphs dan Dryad. Mereka memiliki tarian yang dinamakan Pegada Danza. Mereka juga memiliki alat musik ciptaan mereka yang terbuat dari bambu kosong yang ditiup seperti seruling tapi nada yang dihasilkan sangat penuh alunan bass dan distorsi. Alat musik tiup itu biasa digunakan oleh kelompok pemburu untuk merayakan keberhasilan mereka berburu sesuatu. Mereka menyebutnya dengan sebutan, "Pifani". Kehidupan bangsa Centaur bergantung pada hasil berladang dan berburu. Mereka menanam macam-macam sayuran segar dan rempah-rempah, sementara untuk pasokan daging, mereka berburu hewan-hewan tertentu saja -jenis daging yang dikonsumsi bergantung pada wilayah kelompok pemburu. Misalnya, kelompok pemburu dari desa Mudlad (desa terbesar bangsa centaur) hanya berburu serangga-serangga raksasa di Hutan Nevoeiro dan mengonsumsi daging serangga-serangga tersebut.
Kepercayaan yang bangsa centaur yakini adalah kepercayaan terhadap leluhur mereka, Sagittarius dan Kemantoridas. Mereka menyebutnya dengan kepercayaan yang hakiki. Kepercayaan yang hakiki memiliki keterkaitan dengan bangsa manusia hingga akhirnya, bangsa centaur selalu memiliki kepatuhan dan kesetiaan terhadap bangsa manusia, terutama keterkaitan erat mereka dengan Kerajaan Nymphodora. Lambang Kesetiaan dan Kepatuhan serta Tanggung Jawab memang benar-benar diterapkan bangsa centaur dalam hal berhubungan dengan bangsa manusia.
Bangsa centaur memiliki sistem penanggalan yang berbeda dengan sistem penanggalan bangsa lainnya. Sistem Penanggalan Bangsa Centaur disebut Sistem Kalender Paladin. (Lihat artikel "Sistem Kalender Cressentia"). Dengan sistem penanggalan tersebut, bangsa centaur dapat mengetahui masa-masa yang bagus untuk berburu atau untuk bercocok tanam.
Ada pembagian tatanan masyarakat di dalam suatu kelompok bangsa centaur. Hal itu dimaksudkan untuk mempermudah pembagian tugas dalam bermasyarakat sehingga setiap kelompok mampu menyelesaikan masalah bersama dalam sekejap karena masing-masing tatanan memiliki tugas masing-masing.
Tatanan masyarakat tersebut adalah :

1. Tetua dan Pemimpin Tertinggi Desa.
Tetua merupakan centaur dan kentaurides yang memiliki silsilah keturunan dari Kemantoridas dan Sagittarius. Sementara itu, Pemimpin Tertinggi Desa terdiri atas dua centaur yang dipilih langsung berdasarkan pengamatan dan penilaian tetua. Pemimpin Tertinggi bertugas untuk mengatur hubungan bermasyarakat dan ahli strategi pertahanan dan diplomasi desa.

2. Kelompok Centaur Pemburu.

Kelompok centaur pemburu adalah tatanan tertinggi kedua dalam suatu kelompok. Pemimpin kelompok ini adalah keturunan dari Sagittarius dan Kemantoridas yang sudah tidak nomaden lagi dan memiliki ciri-ciri fisik istimewa yaitu bertubuh lebih besar dibandingkan centaur lainnya. Anggota kelompok dipilih dan diseleksi langsung oleh pemimpin kelompok. Setelah itu, centaur dan kentaurides yang terpilih masuk kelompok pemburu akan diresmikan dengan menggunakan nama panggilan. Misalnya, Dorias yang mendapatkan sebutan Telinga Bermata karena kemampuan insting dan pendengarannya yang tajam seolah ada mata di telinganya itu.
Kelompok pemburu memiliki keistimewaan karena selain sebagai pemburu, kelompok ini juga merupakan ksatria centaur yang bertugas untuk mempertahankan wilayah atau desa dari serangan luar.

3. Kelompok Kentaurides (Centaur Perempuan).

Kelompok Kentaurides memiliki tingkatan masyarakat yang cukup tinggi karena mereka merupakan 'ksatria pangan desa'. Para Kentaurides yang termasuk kelompok tingkatan ini adalah kentaurides bukan kelompok pemburu dan ksatria centaur. Mereka yang termasuk kelompok kentaurides adalah mereka yang bertugas sebagai pencocok tanam, penasehat irigasi dan pembuat upacara kepercayaan atau acara lainnya. Walaupun termasuk kelompok yang tidak memiliki tingkat pekerjaan berbahaya yang besar, kelompok kentaurides juga dipersiapkan untuk melakukan semesta apabila terjadi penyerangan dari bangsa lain dari luar ke desa.

4. Kelompok Centaur Ahli.

Kelompok ini disebut-sebut sebagai cendikia bangsa centaur. Mereka bertugas sebagai penasehat ahli (bangunan, patung, irigasi dsb), guru keilmuan, ahli perbintangan dan filsuf. Kelompok ini biasanya turun-temurun dan kesempatan centaur lain yang ingin masuk ke dalam kelompok ini sulit. Centaur-centaur ahli juga termasuk, tukang kayu, tukang batu, penambang besi atau emas dsb.

5. Ksatria Centaur.
Kelompok terakhir inilah yang berada di bawah pengawasan langsung Tetua dan Pemimpin Tertingi Desa. Mereka adalah para ksatria centaur yang memiliki tugas melindungi wilayah dan desa. Meskipun kelompok centaur pemburu bisa merangkap tingkatan sebagai ksatria centaur juga, tidak dengan ksatria centaur -tidak termasuk kelompok centaur pemburu. Biasanya mereka bersenjatakan tiga macam senjata, yaitu Tombak (Lanzo), Pedang (Espada) dan Panah (Frecho).

http://subalasubulu.blogspot.com/2010/09/bangsa-centaur.html

0 komentar:

Posting Komentar