21 Jan 2012

Kematian Akibat Dengar Musik Sambil Jalan



Masih suka mendengarkan musik sambil berjalan? Sebaiknya harus lebih berhati-hati. Menurut studi yang dipublikasikan Selasa (17/1) jumlah pejalan kaki di AS yang terbunuh atau mengalami cederah parah saat mengenakan handphone meningkat tiga kali dalam enam tahun.

Angka per tahun meningkat dari 16 pda 2004 menjadi 47 kasus pada 2011. Total ada kasus 116 kecelakaan pejalan kaki dengan headphone yang terjadi di period tersebut, tulis para peneliti.

Lebih dari setengah dari insiden terjadi terhadap pejalan kaki yang turun dari kereta api. Dua pertiga korban adalah laki-laki dengan usia di bawah 30 tahun.

Riset yang dipublikasikan di British Injury Prevention, dikepalai oleh dari Rumah Sakit Anak, Universitas Maryland di Baltimore.

Penelitian itu mengingatkan adanya potensi "kebutaan tak sengaja" ketika seseorang mengenakan earphone. Itu berarti ada pengalihan terhadap bagian otak yang berfungsi menangkap stimulus dari luar.

Penelitian yang dilakukan di AS itu mencatat statistik kecelakaan dari pengguna iPod, pemutar Mp3 dan piranti musik digital lain, namun bukan ponsel.


0 komentar:

Posting Komentar